MEMOTIVASI SISWA BELAJAR MELALUI PERMAINAN MENEBAK
TANGGAL LAHIR
(Oleh Ahmad Farid Wajdi, S.Pd)
Dalam Permendiknas RI Nomor 41 Tahun
2007 tentang standar proses untuk satuan pendidikan dasar dan menengah
pada bagian pelaksanaan pembelajaran dikatakan bahwa pelaksanaan
pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan
penutup. Kegiatan pendahuluan merupakan suatu kegiatan awal dalam proses
pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan
memfokuskan perhatian peserta didik agar berpartisipasi aktif dalam
proses pembelajaran. Hampir semua guru setuju akan pentingnya
memotivasi siswa dengan cara yang menarik. Siswa akan belajar secara
efektif jika mereka benar-benar tertarik terhadap pelajarannya. Motivasi
berpangkal dari kata motif yang dapat diartikan sebagai daya penggerak
yang ada di dalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas-aktivitas
tertentu demi tercapainya suatu tujuan. Bahkan motif dapat diartikan
sebagai suatu kondisi.
intern(kesiapsiagaan). Pada
intinya motivasi merupakan kondisi psikologis yang mendorong seseorang
untuk melakukan sesuatu. Dalam kegiatan belajar, motivasi dapat
dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang
menimbulkan, menjamin kelangsungan dan memberikan arah kegiatan belajar,
sehingga diharapkan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dalam kegiatan
belajar, motivasi sangat diperlukan, sebab seseorang yang tidak
mempunyai motivasi dalam belajar, tidak akan mungkin melakukan aktivitas
belajar.
Bagi siswa yang selalu memperhatikan materi pembelajaran yang
diberikan, bukanlah masalah bagi guru. Karena di dalam diri siswa
tersebut ada motivasi, yaitu motivasi intrinsik. Siswa yang demikian
biasanya dengan kesadaran sendiri memperhatikan penjelasan guru. Rasa
ingin tahunya lebih banyak terhadap materi pelajaran yang diberikan.
Berbagai gangguan yang ada disekitarnya, kurang dapat mempengaruhinya
agar memecahkan perhatiannya.Hal ini berbeda dengan siswa yang motivasi di dalam dirinya lemah, maka motivasi ekstrinsik yang merupakan dorongan dari luar dirinya mutlak diperlukan. Di sini tugas guru adalah membangkitkan motivasi siswa sehingga ia mempunyai kemauan untuk belajar. Banyak hal yang dapat digunakan untuk memotivasi siswa belajar antara lain:
1. mengaitkan materi pembelajaran sekarang dengan pengalaman siswa sebelumnya
2. memberikan pertanyaan-pertanyaan yang menantang
3. menyampaikan manfaat materi pembelajaran
4. mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran
5. menjelaskan tujuan belajar
6. menyampaikan kemampuan yang akan dicapai siswa dengan bahasa siswa
7. memberikan hadiah
8. mengadakan kompetisi di antara siswa
9. memberikan pujian
10. menggunakan model pembelajaran yang bervariasi
11. menggunakan media yang menarik
Salah satu cara untuk meningkatkan
motivasi siswa, guru dapat mendesain suatu kegiatan pembelajaran yang
menyenangkan diantaranya melalui permainan menebak tanggal lahir. Selain
menyenangkan, permainan ini juga ditujukan untuk membina keterampilan
siswa dalam melakukan operasi hitung bilangan bulat. Caranya dengan guru
memberikan instruksi sepuluh langkah yang harus diikuti sebagai
berikut.
Untuk menebak tanggal lahir, yang perlu dilakukan guru adalah mengurangi hasil akhir dengan bilangan 111 sehingga diperoleh suatu bilangan n. Bilangan n terdiri dari enam digit abcdef , yakni:
- ef menunjukkan dua digit terakhir tahun lahir
- cd menunjukkan bulan lahir
- ab (apabila n 6 digit) atau b (apabila n lima digit) menunjukkan tanggal lahir
Bilangan 140.292 ini terdiri dari enam angka, dengan
1. dua angka terakhir menunjukkan tahun lahir yaitu 92
2. dua angka berikutnya menunjukkan bulan lahir yaitu 02 (Februari)
3. dua angka pertama menunjukkan tanggal lahir yaitu 14
Nah sekarang, silahkan Anda coba untuk tanggal lahir 18 Juli 2000. Selamat mencoba !
belajar emang gak ada matinya
ReplyDelete